Rabu, 04 Februari 2009

Perempuan Berkalung Sorban


Anissa (Revalina S.Temat), seorang perempuan muda yang cantik, berpendirian kuat serta cerdas. Sejak kecil Anissa tidak merasa nyaman dengan lingkungan keluarganya. Bukan apa-apa, ayahnya, kyai Hanan (Joshua Pandelaky), pemimpin pesantren Salaf Al Huda. Pesantren ini adalah pesantren tradisional yang menjalankan ajaran agama islam berdasarkan bagaimana pasa sahabat Rasulullah SAW menjalankan ajaran agama ini.

Yang mana pesantren ini mengajarkan bagaimana menjadi seorang perempuan muslim yang baik menurut islam. Dimana menurut pandangan seorang Anissa pelajaran-pelajaran yang diterimanya hanya membela kaum laki-laki. Terlebih dari kecil Anissa mendapat perlakuan tidak adil dari ayahnya. Sementara dua orang kakaknya boleh belajar menunggang kuda, Annisa tidak diperbolehkan karena dia adalah wanita.

Beruntung Anissa yang pada waktu itu (masih) berumur 10 tahun berkenalan dengan seorang pemuda cerdas bernama Khudori (Oka Antara). Khudori adalah tempat dia berkeluh kesah dan bertukarpikiran. Namun perlindungan yang diberikan Khudori nggak lama. Dia pergi ke A-Azhar Kairo untuk melanjutkan studi.

Tujuh tahun kemudian Anissa yang udah berumur 17 tahun, nggak taha lagi dengan kehidupannya yang dia rasa tidak adil pada perempuan. Anissa memutuskan untuk memperjuangkan kebebasannya. Tapi nggak begitu, Annisa malah terseret ke dunia lain. Dia menikah dengan Samsudin (Reza Rahadian) yang malah menambah daftar panjang penekanan atas keberadaannya sebagai perempuan. Sampe suatu hari Khudori kembali dari Kairo. Jangan salah, bukan dia yang akan menolong Anissa.

Tidak ada komentar: